Harga HP Smartfren Andromax Q 4G LTE, membawa spesifikasi android Lollipop dan prosesor quad core Snapdragon 410.

Relasi antara Smartfren dengan beberapa pabrikan ponsel Tiongkok sudah terjalin lama. Sebut saja HiSense dan Haier. Kolaborasi win-win solution. Sebab, Smartfren butuh perangkat untuk menjual jaringan beserta layanannya. Sedangkan pabrikan macam dua nama tadi perlu teman seperjuangan agar bisa masuk ke pasar Indonesia. Berjualan sendiri seperti Oppo atau Vivo malah bukan strategi bagus.

Di tengah maraknya istilah 4G LTE (bahkan konsumen tahunya cuma jaringan cepat), Smartfren lalu mengemas lewat lima produk (R, Q, Qi, Es, Ec) ke pasar. Seri-seri ini seperti berbagi, kendati masing-masing nyaris hadir dengan spesifikasi sama. Seri R diberikan kepada HiSense Kemudian seri Q diserahkan kepada Haier.

Harga Smartfren Andromax Q 4G LTE


Seri ini sepertinya disiapkan untuk memenuhi segmen budget terbatas di bawah 1,5 jutaan. Sementara jika dibandingkan dengan saudaranya, Andromax R yang bikinan HiSense dimana hampir seluruh speknya sama, kecuali kamera (8 MP dan 5 MP) dijual lenbih tinggi. Lihat juga harga HP Smartfren Andromax lainnya di sini.

Dengan smartphone Android yang sudah berkapabilitas 4G LTE, sebutlah Polytron Zap 5 yang masih di angka Rp l juta dan sudah berusia hampir setahun, Andromax Q tentu lebih jadi pilihan. Apalagi Zap 5 masih diperkuat kamera depan VGA.

Smartfren Andromax Q 4G LTE
Bodi + Desain

Haier seperti tak mau melakukan gubahan evolusioner pada desain. Tampang depannya standar, tak memiliki ciri khas. Kalau Anda jejerkan dengan Xiaomi Redmi  1s nyaris bak pinang dibelah dua. Kecuali di bagian punggung dan speaker plus kamera depan yang layout berbeda. Sebagai identitas ditambah dua nama (Haier dan Andromax yang subbrand produk Smartfren). Plus emblem "4G LTE" untuk penegasan.

Bodi terbikin dari plastik polikarbonat. Sebuah grill speaker membanjar lebar di punggung bagian bawah. Haier memisahkan antara rongga audio 3,5 mm di atas dan port microSD di bagian bawah. Begitu halnya tombol konvensional kontrol volume (samping kiri) serta power (samping kanan).

Di dalam, belakangan ini, Smartfren rupanya sudah perlu menggunakan kartu SIM micro. Walaupun slot kartu SIM satu lagi (untuk GSM) tetap mempertahankan jenis mini SIM. Seri ini juga cuma menghadirkan dua opsi kelir (hitam dan putih). Selebihnya tak banyak hal ditonjolkan. Menggenggam Andromax Q bak membawa smartphone bergaya dua atau tiga tahun silam.

Menu + Interface

Bedanya dengan Andromax R HiSense, Q memilih memakai Cyanogen yang justru belakangan ini tak terlalu terdongkrak sebagai sebuah interface yang populer. Bahkan brand OnePlus pun tak meneruskan di seri berikutnya. Memang, Cyanogen 12 yang dipakai berbasis Android Lollipop, namun terus terang saja bagi pengguna awam, hal ini tak terlalu terasa, tak ada bedanya dengan Ul pada OS Android (bahkan KitKat) sekalipun.

Barangkali fitur Theme yang tersedia hanya untuk smartphone Cyanogen bisa dianggap sebagai sebuah kelebihan. Wallpaper yang berbaris di dalamnya datang dengan beragam desain untuk memperindah layar TFT seluas 4,5 inch. Sebagian free, jadi kapan pun bosan, Anda bebas unduh dan ganti tampilan.

Cyanogen juga tidak memiliki ikon-ikon fitur dan menu yang khas. Dengan kata lain, memang persis dengan smartphone Android pada umumnya.

Smartfren menambahkan beberapa aplikasi. Diantaranya aplikasi Bank Sinarmas yang mobile banking (dari Grup Sinarmas), My Smartfren (berisi beberapa palikasi sodoran Smartfren), dan Uangku (layanan e-money). Beragam aplikasi milik Google dibiarkan tersebar alias tak disatukan dalam folder khusus.

Kinerja

Untuk mengaktifkan LTE, Anda perlu mengaktifkan setingan khusus. Tidak sulit. Yang perlu Anda ketahui bahwa Smartfren sudah mengembangkan jaringan 4G LTE di 850 MHz dan 2.300 MHz. Namun memang belum meng-cover seluruh kawasan jangkauan operator ini.

Di sisi handset, meski menggunakan prosesor quad core 1,2 GHz, seri ini tak bisa disepelekan. Dibandingkan Asus Zenfone 5 nyaris menyamai walaupun masih dengan angka di bawah. Tetapi dengan menggunakan Cyanogen, browser bisa disebut cukup gemilang.

Seri ini mengggunakan baterai berkapasitas 2.000 mAh dengan pemakaian sibuk dalam sehari, indikator baterai  habis dalam waktu sekitar 12 jam. Selain itu, tingkat responsivitas layar masih terhitung baik.

Multimedia

Hal keren yang disiapkan oleh Haier adalah memberikan sajian setelan musik yang tidak standar. Jika umumnya smartphone sekelas hanya mengandalkan setingan audio bawaan, maka Andromax Q menambahkan aplikasi AudioFX. Penggunaannya, setelah mengaktifkan music player, untuk menentukan mutu audio yang terbaik, Anda bisa gunakan AudioFX.

AudioFX memisahkan antara pemakaian dengan speaker ponsel dengan audiophile seperti speaker atau headphone. Ada tiga menu yang perlu Anda  adjust antara lain level audio atau memilih preset equalizer, setel bass booster dan suround sound serta tentukan reverb. Pengaturan tiga titik ini akan menentukan mutu audio yang sesuai dengan telinga Anda.

Di sektor pemotretan, kamera utama 5 MP ditemani dengan berbagai mode pengaturan. Tampilannya juga berbeda dengan ponsel kebanyakan. Andromax Q lebih simple. Antara lain penentuan titik fokus, pemilihan opsi face detection, size and quality picture, mode panorama dan setelan flash.

Spesifikasi HP Smartfren Andromax Q 4G LTE
NetworkCDMA 2000 1x / GSM 900 / 1800 / 1900 MHz EVDO Rev A 800 MHz
4G LTE TDD 2300 MHz / FDD 800 / 850 / 1800 / 2600 MHz
LayarTFT Capacitive touchscreen, WVGA
480 x 854 pixels, 4.5 inches (~218 ppi pixel density)
AudioVibration; MP3, WAV ringtones, 3.5mm jack, Audio FX, Speakerphone
MemoriInternal 8 GB, 1 GB RAM, Eksternal microSD up to 32 GB
Data3G EVDO Rev. A up to 3.1 Mbps, LTE 150/50 Mbps, EDGE, GPRS
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot
KonektifitasBluetooth v4.0 A2DP, LE, Port microUSB v2.0
KameraPrimer 5 MP, 2592 x 1944 Pixels, FF (Fixed Focus), LED Flash
Sekunder 2 MP
Video Record 720p
OSAndroid OS, v5.0 Lollipop (Cynogen CM12)
CPUQualcomm MSM8916 Snapdragon 410, Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
GrafisGPU Adreno 306
BateraiTipe Li-Ion 1900 mAh
MessagingSMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Multiple SIMDual SIM CDMA-GSM
Fitur TambahanJava Emulator, FM Radio, Browser, Calculator, Clock, Calendar, Media Player, E-Book Reader, Video & Audio Recorder, A-GPS
Harga BaruRp. 1,299,000.00

Hal yang harus Anda perhatikan juga adalah jangkauan 4G LTE yang digelar Smartfren, apakah benar sudah sampai di tempat tinggal Anda. Ini juga wajib jadi perhatian demi menikmati speed downlink dan uplink yang lebih baik.
Share To:

Orang Pangandaran

Post A Comment: